Nostalgia Anak Warnet Era 90an dari Billing Lumba Lumba sampai Playlist Winamp - TV90an

Ada suatu masa  sebelum  internet bisa diakses dengan mudah dan murah seperti sekarang bahkan sudah sampai 5G, anak di 90-an masih ngerasain Internet adalah barang mewah dan  harus ke warnet (warung internet) dulu kalo mau  berselancar di di dunia mauua. Ada yang cuma browsing2 nggak jelas, download lagu terkini, ngerjain tugas kuliah, chating MIRC  atau update status di MySpace dan Friendster. yang ngalamin pasti senyum2 sendiri haha


sekarang  zaman memang udah berubah banget. semua kegiatan digital bisa dilakukan lewat alat yang canggih bernama smartphone. Mau dengerin musik? pakai smartphone,  nonton filem, main game, ngerjain  tugas dan kerjaan semuanya dengan smartphone dan laptop, apalagi dijaman pandemi covid gini semua sudah bekerja dari rumah bahasa kerennya WFH.  Tapi sebagai anak jadul kita  enggak bisa dilupain warnet lah jadi andalan kita jaman dulu haha. Untuk kembali bernostalgia, mimin sudah ngumpulin beberapa hal yang ditemuin di warnet era 90an . yuk cekidot

Lumba-lumba legendaris di Billing Explorer



Saat masuk warnet kamu pasti diarahin operator ke komputer yang kosong. Sebelum masuk ke komputer  kamu pasti bertemu layar yang ada  lumba-lumbanya, yak itu adalah  menu Billing Explorer , sebuah  aplikasi  untuk menentukan pilihan paket  yang akan digunakan pemakai. dulu kamu sukanya pakai yang personal atau paketan sobb?? atau malah hack  sebagai admin? hahaha. kalo admin dulu sukanya paketan dan paket malem. yaitu dari tengah malem sampe pagi.. murah banget dulu kalau nggak salah 10rbu dipake sampe puas haha. 

Kalau paketan sudah mau habis biasanya ada notifikasinya tuh, mau udahan atau paketannya nambah. hemmm nostalgia banget


Komputer pentium pakai Monitor CRT dan dipasang Filter

Warnet jaman dulu khas pakai komputer ya seadanya sesuai masanya, biasanya ya pentium gitu dan kalau warnet yang udah lama komputernya lemot minta ampun. hahah

biasanya pakai monitor CRT , itu lohh monitor tabung yang biasanya ukuran 17 atau 19 Inchi. tahu kan monitor   LCD maupun LED masih mahal dan belum populer kayak sekarang. Dan uniknya lagi monitornya dipasangi  filter untuk mengurangi radiasi dari monitor biar nggak ngerusak mata gitu.


Main satu bilik ramai-ramai biar hemat



Biasanya bocil bocil yang uang sakunya tipis biar tetep bisa main di warnet dan berhemat ya sukanya main patungan 1 bilik dipakai rame rame. Alhasil biliknya jadi sesak  dipenuhi sampe tiga  orang sekaligus. Biasanya yang kayak gini nyebelin nih ganngu pengguna di bilik sebelah karena berisiknya bilik kamu dan teman-teman haha. 


Nyari Bilik yang ada Headsetnya dan Playlist Winamp


Kalau main diwarnet nyarinya komputer yang ada headsetnya, biar bisa browsing sambil dengerin musik favorit dong. biasanya muternya pake Winamp dan diganti ganti skin haha. 

Kalau lagi nggak beruntung nggak kebagian  headset, ya dengerin lagu-lagu yang yang diputer abang operator dan keras banget di sound sistem warnet. Playlist yang diputar biasanya itu itu aja. yang paling populer ya  The Reason dari Hoobastank, Lagunya simple plan atau Hapus Aku nya Nidji haha.. kalau kamu sukanya dengerin lagu era 90an apa sob? 


Nyari Folder Film terbaru ketemu  folder ‘plus plus’ milik operator warnet

Mimin jaman dulu ke warnet biasanya nyari film film terbaru yang didownload sama operator. tahu kan jaman 90an koneksi internet lola banget nggak kuat kalau download film sendiri. Apalagi akses film bajakan jaman dulu masih susah ya nggak kayak sekarang tinggal streaming  website film bajakan.

Pas nyari folder film malah nemuin folder rahasia. Lokasinya terselip di antara puluhan folder lain dan dibikin dalam bentuk folder berlapis-lapis. Kadang malah dihidden juga .  saat dibuka ternyata isinya....hahaha.. amajinggg


Nahh ini kenangan TV90an di warnet era 90an. Gimana Menurutmu sob? tulis dikolom komentar yah


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url